Skip navigation


MengingatBukan Menghafal

Kebanyakan Orang dalam belajar berbagai mata pelajaran berusaha MENGHAFAL materi pelajaran yang diajarkan guru – gurunya. permasalahannya adalah : untuk menghafal berbagai materi pelaanya jar bukan perkara gampang. seringkali sehabis belajar A, B, C, D sampai E, bila ditanya A atau B seringkali sudah lupa. Bila sudah belajar F,G, H, I ditanya A, B, C, D sudah lupa lagi. Apa yang salah dalam pola belajar seperti itu ?

Sebenarnyatidak ada yang salah. Namun bila anda belum mengetahui teknik belajarnya yang tepat disitulah letak permasalahanya, selalu muncul kesulitan .

Sebaiknya Anda jangan menghafal pelajaran , tetapi anda perlu mengingat pelajaran anda. Apa perbedaan menghafal dan mengingat ? jelas kedua hal ini berbeda.

Bila anda berusaha menghafal,maka seperti contoh diatas, baru anda belajar sampai step A,B, C, D, E, F, G,H, I Anda sudah lupa A, B, dan C begitu seterusnya.

Sedangkanbila anda menguasai teknik mengingat seperti metode lokasi,rantaian dll.maka perkara mengingat lebih enteng. Dan lagi pula bila anda mengulang beberapa kali teknik – teknik belajar yang disebutkan diatas : maka ingatan anda akan pelajaran – pelajaran akan bersifat abadi/selamanya, bukan SKS ( Sistem Kebut Semalam ) yang akan berakibat ” hari ini ingat, besok lupa total ”

Dikutipdari : TRENMENT ” Triguna Edutainment ” Kolom Fun Learning

Leave a comment